Sunday, July 7, 2013

Ilmuwan: Bulan Terbentuk Karena Ledakan Inti Bumi

bulan
Ilustrasi bulan
Ilmuwan Belanda dan Afrika Selatan telah mengajukan hipotesis baru tentang asal-usul Bulan. Dalam hipotesis ini menyebutkan, bahwa bulan terbentuk dari sebuah batu yang terlempar ke luar angkasa akibat ledakan dari inti bumi (perut bumi). Ledakan inti bumi setara dengan 40 miliar kali bom atom.

Menurut hipotesis ini pada 4,5 miliar tahun lalu Bulan terbentuk dari sebuah batu yang terlempar ke ruang angkasa dekat Bumi setelah itu terbentuklah bulan yang menerangi bumi di setiap malam.

Fakta bahwa komposisi bulan terdiri dari batu yang sama yang membentuk bumi, menjadi dikenal setelah sampel tanah dari satelit planet (bulan) kita dibawa ke bumi oleh astronot Amerika.

Penulis studi baru ini, yaitu Wim Van Westeren percaya bahwa hal itu bisa berkembang dalam skenario yang berbeda.  Menurut dia, bulan bisa muncul karena ledakan inti bumi.

Bukti bahwa Bumi merupakan sebuah reaktor raksasa memang telah ditemukan selama ini. Tapi, para ilmuwan belum yakin bahwa ledakan yang mungkin dihasilkan bisa melempar material ke antariksa dan menghasilkan Bulan.

Sumber : Daily Mail

0 comments:

Post a Comment