Monday, July 1, 2013

Remaja Cantik Asal Turki Ini Kembangkan Plastik Dari Kulit Pisang

pisang
Ilustrasi pisang

Ketika Anda melihat kulit pisang, apa yang Anda lihat? Sampah atau Kompos pakan adalah apa yang saya lihat, tapi tidak bagi gadis Turki ini, Elif Bilgin, 16 tahun, ia melihat kulit pisang sebagai potensi bioplastic.

Ia selama dua tahun telah mengembangkan plastik terbuat dari kulit pisang yang terbuang secara percuma menjadi sampah, berkat kejeniusannya  ia telah memenangkan hadiah 50.000 dollar atas ilmunya dalam proyek Google Science Fair.

Dia terinspirasi oleh Thomas Edison dalam pekerjaannya untuk menyempurnakan materinya: dalam pengajuan proyek, dia menulis "Bahkan Thomas Edison berkata, "is 1 percent inspiration and 99 percent perspiration.."

Elif-Bilgin
Photo credit: Elif Bilgin

Scientific American mewawancarai Bilgin tentang pekerjaannya, mengatakan bahwa:

Bagi saya, ini berarti bahwa proyek saya sesungguhnya memiliki potensi untuk menjadi solusi untuk masalah meningkatnya polusi yang disebabkan oleh plastik berbasis minyak bumi. Ini juga berarti bahwa saya telah memulai proses mengubah dunia, yang membuat saya merasa sudah seperti seorang pemenang.

Bilgin berharap untuk masuk sekolah kedokteran di masa depan.

Dikutip dari blogs.scientificamerican.com

0 comments:

Post a Comment