Sunday, April 14, 2013

Mobil Lamborghini ini, Mahal dan Terburuk Sedunia

Lamborghini Veneno
Lamborghini Veneno I foto carmagazine

Hanya orang kere yang mengatakan buat apa beli sebuah mobil seharga Rp.45 Milyar tapi buat para milyader no problem. Mobil seharga Rp 45 milyar seharusnya merupakan sebuah mobil kelas premium tapi aneh untuk mobil Lamborghini Veneno ini.

Dikutip dari tempo.co Mahal belum tentu berkelas. Ini terbukti dengan mobil Lamborghini Veneno. Mobil seharga 3 juta pound sterling (sekitar Rp 45 miliar) ini diberi gelar sebagai mobil terburuk di dunia dalam sejarah. Mobil yang memulai debutnya pada Geneva Motor Show beberapa waktu lalu ini dinilai menggabungkan semua desain buruk pabrikan Italia itu dalam sebuah mobil. "Setelah Fasisme, ini hal terburuk yang pernah ada di Italia," demikian pernyataan Edmunds, situs otomotif asal Amerika Serikat yang memberikan gelar ini.

Mobil dengan kecepatan maksimal 355 kilometer per jam ini akan diproduksi terbatas, hanya tiga unit. "Tiga unit itu terlalu banyak," Edmunds menambahkan. Menurut situs itu, semua ide klise dari supercar dan ide buruk Lamborghini dituangkan dalam satu mobil yang mahal ini.

Pihak Lamborghini tak membantah desain mobil ini memang ekstrem. Direktur Utama Lamboghini Stephan Winkelmann membela diri. "Saat kami memproduksi mobil dalam skala terbatas, kami bebas menuangkan ide apa pun," kata dia saat peluncuran. Menurut dia, dengan desain laiknya mobil superhero, akan memberikan efek positif pada supercar lainnya.

Dengan mesin berkapasitas 6,5 liter, kecepatan 100 km per jam diraih hanya dalam waktu 2,8 detik. Desain mobil ini memang radikal. Sudutnya berbentuk sirip robot. Warnanya didominasi hitam dan merah. Tak lupa pintu kupu-kupu seperti supercar lainnya.

Berikut ini 10 mobil terburuk sepanjang masa menurut Edmunds:

1. Lamborghini Veneno (tahun 2013)
2. Lincoln Versailles (1977)
3. Acura ZDX (2010)
4. Cadillac Deville (1985)
5. Pontiac Aztek (2001)
6. Fiat Multipla (1998)
7. Datsun F10 (1974)
8. Edsel (1958)
9. Bristol Blenheim (1976)
10. BMW 7 Series (2002)

0 comments:

Post a Comment