Tuesday, November 6, 2012

Pedonor Sel Induk Dapat Menyembuhkan Pasien Jantung

hati

Para peneliti melaporkan kemajuan penting dalam menggunakan sel induk untuk memperbaiki hati yang rusak akibat serangan jantung. Dalam sebuah penelitian, sel induk yang disumbangkan oleh orang asing terbukti aman dan efektif sebagai sel pasien penderita untuk membantu mengembalikan jaringan jantung. 

Sel punca, sel induk, sel batang (bahasa Inggris: stem cell) merupakan sel yang belum berdiferensiasi dan mempunyai potensi yang sangat tinggi untuk berkembang menjadi banyak jenis sel yang berbeda di dalam tubuh. (id.wikipedia.com)

Pengobatan yang melibatkan 30 pasien di Miami dan Baltimore, tetapi membuktikan konsep bahwa sel-sel siapa pun dapat digunakan untuk mengobati kasus tersebut. 

Para pasien dalam penelitian ini telah menderita serangan jantung beberapa tahun sebelumnya. Semua telah mengembangkan gagal jantung karena jaringan parut dari serangan jantung telah melemah hati mereka sehingga mereka tumbuh besar dan lembek, tidak mampu memompa darah secara efektif.

"Uji coba sejauh ini jumlah pasien yang sangat kecil," kata Stefanie Dimmeler, direktur Institut Pusat Regenerasi Kardiovaskular Kedokteran Molekuler di Universitas Johann Wolfgang Goethe di Frankfurt, Jerman.  "Saya pikir ini pekerjaan awal sel induk jantung terlihat sangat menjanjikan."

Juan Lopez, 70 penerima sel induk dalam penelitian, ia kini bisa kembali ke pekerjaannya sebagai seorang insinyur dan manajer penjualan untuk produsen atap dan olahraga sepeda. 

"Ini telah menjadi pengalaman yang mengubah hidup," kata Lopez, yang tinggal di Miami.  "Saya bisa merasakan hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan, memperbaik saya. Saya tidak punya sesak napas dan tingkat energi saya adalah jalan sampai di sana saya tidak memiliki cairan apapun dalam paru-paruku.." (news.yahoo.com)

0 comments:

Post a Comment