Wednesday, October 17, 2012

Kurang Tidur Sebabkan Obesitas dan Diabetes

cewek cantik tidur

Ilmuan menemukan bahwa sel-sel lemak juga bisa "lelah" akibat dari kurang tidur, orang yang kurang tidur mereka dengan mudah terserang masalah obesitas dan bahkan diabetes. Ini adalah kesimpulan dari sebuah tim ilmuwan dari University of Chicago di Illinois.

Profesor Mathew Brady dan rekan-rekannya melakukan penelitian terhadap sekelompok orang dewasa. Kelompok relawan di bagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama di minta untuk tidur malam selama 8,5 jam dan kelompok kedua di minta tidur selama 4,5 jam secara berturut selama sebulan. Studi ini bertujuan untuk menemukan sensitivitas terhadap insulin terhadap dua kelompok relawan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengurangan tidur selama empat jam mengakibatkan sensitivitas secara keseluruhan lebih rendah terhadap insulin sebesar 16 persen, dan sel-sel lemak turun sebanyak 30 persen.

Hal ini diketahui bahwa dengan penurunan kerentanan sel terhadap insulin akibat pelanggaran metabolisme energi dalam tubuh. Orang sehat juga memiliki kecenderungan untuk obesitas dan diabetes, bila mereka kurang tidur yang memicu tidak keseimbangan gula darah. 

0 comments:

Post a Comment