Wednesday, October 31, 2012

Gajah Takut Suara Tangis Wanita

gajah

Penelitian sebelumnya mengklaim bahwa gajah menggigil ketakutan bila melihat Tikus, penelitian ini sepertinya kurang valid, sebab binatang berukuran kecil sejenis tikus banyak, seperti kelinci, tupai dan sebagainya. Alasan klasik kemungkinan Gajah merasa kasihan bila menginjak binatang berbadan kecil, seperti Tikus. Melihat tikus yang tidak mengancam keselamatan jiwanya, Gajah pun berlari atau berjalan menuju arah lain. Pemandangan seperti ini, seringkali membuat orang berasumsi bahwa Gajah takut Tikus.

Penelitian lain menyebutkan bahwa ternyata Gajah lebih takut terhadap Semut daripada hewan sejenis Tikus. Para ilmuwan University of Florida yang meneliti hal ini menemukan pohon akasia (Acacia drepanolobium) di Afrika jarang sekali disentuh oleh gajah. Padahal gajah yang sedang lapar biasanya selalu tergoda dengan pohon.

Para ilmuwan semakin yakin setelah melakukan uji coba dengan mecabut pohon favorit para gajah yang dikenal A.mellifera, kemudian menambahkan semut di menu kesukaan gajah itu. ”Hasilnya mengejutkan, gajah menghindari pohon-pohon itu seperti anak kecil menghindari brokoli,” kata Palmer.

Penelitian yang ditulis dalam jurnal Current Biology, para peneliti mengatakan belalai gajah adalah penyebabnya. Belalai gajah sangat sensitif di dalamnya banyak saraf. Sehingga tampaknya gajah tidak suka bila semut-semut ini masuk ke dalam belalainya.

Kini penelitian lain menyatakan bahwa gajah lebih takut terhadap suara tangis wanita. Para ilmuwan di Cornell University di Ithaca, New York, menemukan bahwa gajah yang hidup di hutan-hutan Afrika Tengah, Mereka lebih takut ketika mendengar suara tangis Wanita. Dan suara ledakan dinamit tidak menyebabkan mereka kepanikan.

Dalam percobaan, Peter Wrede dan rekan-rekannya menggunakan perangkat pendengaran mirip dengan yang digunakan untuk pemantauan audio paus di taman nasional Gabon atau untuk menentukan aktivitas seismik dalam eksplorasi minyak di Loango. Setelah mengumpulkan 27.000 jam rekaman, tim menganalisis bagaimana ledakan dinamit dan aktivitas manusia lainnya, seperti mengemudi mobil, dan suara yang tinggi, yang mempengaruhi perilaku gajah.

Ditemukan bahwa ternyata gajah lebih takut ketika mereka mendengar suara jeritan tangis wanita dan gajah pun lari terbirit-birit. Pita suara rekaman wanita, lebih sensitif terhadap gajah. Hal ini menyebabkan gajah stres.

0 comments:

Post a Comment