Wednesday, October 3, 2012

Internet Picu Gangguan Mental Bagi Pengguna Remaja

Belajar tanpa internet
Ilustrasi gadis belajar tanpa internet

Kemajuan teknologi Smartphone dan PC telah memberi warna-warni tersendiri dan kemudahan untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi digital melalui Internet atau dunia maya. Penggunaan internet secara berlebihan ibarat makanan atau minuman, bila berlebihan konsumsi makanan atau minuman akan merusak metabolisme tubuh dan kosentrasi pelaku. Bukankah kita semua tahu bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik tapi secukupnya itu lebih dari baik.

Hidup tanpa keseimbangan dan ketergantungan atau kecanduan terhadap dunia maya (internet) memicu penyakit mental. Gangguan mental ini kedepannya akan di masukan dalam daftar sebagai penyakit psikiatri. 

Kecanduan internet biasanya sangat mudah mengintai anak-anak dan remaja. Jiwa mereka yang masih labil dianggap rentan terkena gangguan mental. Bagi orangtua sebaiknya membatasi kebiasaan anak remaja menggunakan internet untuk mencegah timbulnya perasaan sensitif seperti mudah emosi dan lain sebagainya.

Kecanduan internet memiliki gejala yang mirip dengan ganguan mental lainnya, termasuk mudah emosi, kurang konsentrasi, dan menarik diri dari pergaulan.

 

0 comments:

Post a Comment