Sunday, October 14, 2012

Inilah Pemicu Gunung Berapi Meletus

letusan gunung berapi

Para ilmuwan dari University of Southampton di Inggris telah memberi kejutan bagi dunia atas penemuan mereka yang diklaim sangat berguna. Kali ini, mereka mengatakan kepada dunia atas keberhasilan mereka mengurai misteri pemicu terjadinya ledakan kuat selama pemicu gunung berapi meletus.

Para peneliti mengatakan bahwa mereka telah menemukan mekanisme pemicu di balik ledakan vulkanik besar.

Menurut mereka, Vulkanik besar terjadi karena mekanisme percampuran antara magma tua dan magma muda. Ketika terjadi percampuran secara tiba-tiba antara kedua magma tersebut, maka letusan pun tidak dapat dihindarkan dan itu terjadi sangat cepat.

Kesimpulan ini di klaim ilmu para ilmuan setelah mempelajari gunung berapi Las Kanadas di Spanyol, Kepulauan Canary. Gunung berapi ini meletus sedikitnya delapan kali selama 700.000 tahun terakhir.

Penggalian di "interior" gunung berapi, para ilmuwan telah menemukan potongan-potongan batuan beku dan mulai membandingkan sampel dari letusan gunung berapi yang berbeda-beda. Maka lahirlah gagasan bahwa pencampuran magma dari temperatur panas dan dingin di dalam dapur magma (di bagian bawah gunung berapi), dan mengarah ke letusan yang dahsyat.

Temuan baru dapat membantu para ilmuwan memprediksi letusan mendatang.

0 comments:

Post a Comment