Friday, October 5, 2012

Hipertensi Pada Ibu Hamil Mengurangi IQ Anaknya

Ilustrasi Bayi
Hipertensi pada masa kehamilan dapat mempengaruhi kemampuan intelektual anak-anak mereka di masa depan, menurut para ilmuwan dari Finlandia.

Menurut para ilmuwan, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kelainan pada lingkungan anak di dalam kandungan. Dan ini, pada gilirannya, mempengaruhi perkembangan otak.

Para ilmuwan telah mempelajari catatan medis wanita dengan hipertensi selama kehamilan, 398 perempuan yang melahirkan anak laki-laki pada periode antara 1934-1944. Kemampuan mental anak-anak tersebut diukur ketika mereka usia muda dan menengah, pertama usia 20 tahun, dan setelah sekitar 69 tahun. Semua tes yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan berhitung, bahasa, visual dan penalaran visual spasial.

Penelitian menemukan bahwa mereka yang ibunya mengalami tekanan darah tinggi saat hamil mendapat skor IQ 4,36 poin lebih rendah dibandingkan rekan-rekan mereka yang ibunya tidak mengalami tekanan darah tinggi saat usianya 69 tahun. Mereka yang ibunya darah tinggi saat hamil juga mendapat skor IQ lebih rendah saat usianya 20 tahun.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa kelahiran prematur tidak mempengaruhi IQ anak, serta jenis ayah anak, apakah ia adalah seorang pekerja biasa atau karyawan kantor. Dikutip dari ria.ru

0 comments:

Post a Comment