Friday, October 12, 2012

Ciuman Dengan Hewan Picu Hilangnya Gigi

ciuman mesra ke hewan bahaya bagi kesehatan mulu

Anda memiliki hewan favorit seperti anjing dan kucing di rumah, waspadalah penelitian terbaru menemukan bahwa berciuman langsung dengan hewan peliharaan memicu hilangnya gigi dan kerusakan gusi. Ini adalah kesimpulan yang dicapai oleh para penulis artikel ilmiah yang diterbitkan dalam edisi Archives of Oral Biology.

Para pemilik kucing atau anjing yang mencium hewan peliharaan mereka atau memungkinkan hewan mereka untuk menjilati wajah pemiliknya dapat memicu periodontitis, yaitu penyakit radang yang mempengaruhi jaringan yang mengelilingi gigi. Pada penyakit stadium lanjut menyebabkan hilangnya gigi. Menurut dokter hewan, anjing kebanyakan menderita periodontitis. Dalam kasus yang parah, hal itu menyebabkan hilangnya gigi.

Bakteri yang menyebabkan penyakit gusi, hidup di air liur hewan peliharaan. Bakteri ini secara mudah menular ke manusia melalui ciuman atau kontak lain dengan air liur hewan, sehingga mereka yang terlalu kecanduan mencium anjing atau kucing, meningkatkan risiko terkena patogen periodontal.

Para ilmuwan dari Fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Cornell, mengambil kesimpulan ini dan merujuk pada pengalaman ilmuwan Jepang yang telah mempelajari gigi relawan dan anjing mereka.

Pada 16% dari studi, para peneliti menemukan mikroba patogen periodontitis, serta bakteri lainnya, yang mempengaruhi jaringan dari mulut.

Selain itu, peneliti menemukan, pemilik harus berpikir tidak hanya tentang kesehatan mereka tetapi juga kesehatan hewan peliharaan. Ditemukan bahwa patogen periodontal mudah ditularkan tidak hanya dari hewan ke manusia, tapi dari manusia ke hewan. Dikutip dari http://5min.by/ 

Waspadalah Kissing anjing berbahaya bagi gigi dan gusi

0 comments:

Post a Comment