Monday, October 15, 2012

Berita Buruk Picu Wanita Stres

Berita buruk picu perempuan lebih stres daripada pria

Berita buruk, seperti tentang pembunuhan, tampaknya mengubah cara wanita merespon situasi stres, menurut sebuah studi.

Dalam penelitian ini, para ahli menemukan bahwa membaca berita netral tidak menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam kadar kortisol pada pria dan wanita. Namun, para ahli menemukan bahwa paparan terhadap berita negatif yang nyata secara signifikan meningkatkan reaktivitas fisiologis untuk stres berikutnya, efek yang khusus untuk perempuan yang sebelumnya telah terkena berita negatif. Akhirnya, kami menemukan bahwa perempuan yang terkena stres setelah membaca berita negatif memiliki ingatan yang lebih besar untuk berita ini.

Hasil studi ini menunjukkan mekanisme potensial dimana ekspos media dapat meningkatkan reaktivitas stres dan memori untuk berita negatif pada wanita. Perempuan menghasilkan lebih banyak hormon stres dalam tes jika mereka telah membaca berita koran negatif. 

Penelitian pada 60 orang, yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One, menunjukkan tidak ada efek sama pada pria. Para ahli mengatakan hasi temuan ini menunjukkan ada perbedaan yang "menarik" antara kedua jenis kelamin. 

Para peneliti di Kanada menyusun kliping koran dari cerita negatif, termasuk kecelakaan dan pembunuhan, serta cerita netral seperti premier film. 

Pria dan wanita di tugaskan untuk membaca cerita negatif atau netral dan kemudian melakukan test stres ilmiah. Tingkat hormon stres, kortisol, diukur selama penelitian. 

Salah satu peneliti, Marie-France Marin, dari Universitas Montreal, mengatakan: "Meskipun tidak hanya berita saja yang meningkatkan kadar stres, ternyata berita negatif juga membuat wanita lebih reaktif, yang mempengaruhi respon fisiologis mereka terhadap situasi stres mendatang" 

Sumber berita : plosone.org

Sudah ditakdirkan kalau wanita lebih emosional dari pada laki-laki. Makanya perempuan lebih terpukul terhadap berita buruk bila dibandingkan dengan laki-laki. Nah, bagi kaum cewek jangan suka baca berita kriminal bila tidak mau di landa stres, tapi bacalah berita gaya hidup lebih netral.

0 comments:

Post a Comment