Friday, September 7, 2012

Panaroma Lokasi Tambang Emas di Kabupaten Buru

Pulau Buru memiliki sejarah tersendiri, di masa presiden Suharto, Pulau Buru dulu di jadikan kamp atau tempat pembuangan para tahanan politik (tapol), salah satu tahanan politik yang paling tekenal, yaitu Pramoedya Ananta Toer. Selama mendekam di kamp sosok Pramudya berhasil menulis sebuah Buku "Manusia Bumi". Buku ini ditulis Pramoedya Ananta Toer ketika masih mendekam di Pulau Buru.
lokasi tambang emas

Pulau Buru juga di kenal dengan nama lain, yaitu Bumi Bupolo, lokasi tambang emas dekat dengan perdesaan transmigran, sehingga untuk menuju ke lokasi tambang emas kita akan di suguhkan pemandangan hamparan petak-petak sawah hijau menguning. Perjalanan untuk menuju lokasi tambang emas membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

gunung botak di desa wamsait

Logam mulia (emas) keberadaannya memang langka tetapi di buru oleh siapapun, mengingatnya harganya cukup mahal. Perburuan emas Pulau Buru merupakan salah satu tujuan para penambang yang terus berdatangan dari sabang sampai merauke.

tenda darurat di lokasi tambang emas

Kota Namlea berada tepat di jantung kabupaten Buru dan tidaklah seramai kota-kota seperti di Indonesia barat, namun alangka bikin kaget di lokasi tambang sangat ramai terdapat puluhan ribu manusia berprofesi sebagai pedagang pulsa, penjual sembako, dan sebagainya.

tambang emas di pulau buru

Berwisata ke lokasi tambang emas tetaplah berhati-hati karena di sana terdapat puluhan lubang galian terbengkalai dan tidak di tandai dengan kedalaman 10-30 meter.

lubang bekas galian tambang emas

Bekas lubang galian yang terbengkalai dan sewaktu-waktu bisa memakan korban nyawa.

tanah yang di keramatkan dilahan emas

Lokasi emas dekat dengan tanah yang di keramatkan oleh komunitas adat terpencil (KAT)

Foto untuk lokasi emas tidak dapat saya upload semuanya, karena foto-foto di atas sudah cukup mewakili geliat para penambang logam mulia (emas). 

Ket : setiap tenda memiliki satu sampai dua lubang galian di dalam tenda penambang dengan kedalaman 10-30 meter dan ukuran luas lubang berdiameter sekitar hampir 1 meter.

0 comments:

Post a Comment