Sunday, September 2, 2012

50 Juta Tahun Lalu Tumbuh Pohon Palem di Pantai Antartika

Iklim Antartika mirip dengan iklim saat ini dari New Zealand, dan bahkan lebih hangat di pantai Artartika.

Pencairan es Antartika
Pencairan es Antartika

Peneliti Jerman menemukan bahwa 52 juta tahun lalu, Antartika ditutupi dengan hutan subtropis, dan bahkan tidak ada es di kutub. Demikian kesimpulan yang diterbitkan dalam edisi terbaru di jurnal Nature.

Benua Antartika yang sampai hari ini adalah gurun es tandus mulai ditutupi dengan es di perbatasan Eosen dan Oligosen, sekitar 33,9 juta tahun yang lalu. Namun, di awal Eosen, 55 tahun yang lalu, Bumi beriklim sangat hangat, konsentrasi karbon dioksida di atmosfer melebihi tingkat saat ini dengan lebih dari dua kali, dan suhu di khatulistiwa dan kutub ditandai tidak begitu banyak seperti sekarang.

Apa yang terjadi kemudian di Antartika, hanya dapat ditentukan dengan bukti, karena sekarang semua bukti waktu terkubur di bawah lapisan tebal es. Oleh karena itu, peneliti dari Universitas Goethe dan Pusat Iklim dan Keanekaragaman Hayati di Frankfurt menganalisis sedimen lepas pantai Antartika di Wilkes Land. Sampel tanah yang diambil menggunakan kapal penelitian Resolusi JOIDES.

Para ilmuwan menemukan bahwa pada 70 derajat lintang selatan, 52 juta tahun yang lalu terdapat tumbuhan pohon-pohon palem dan Bombacoideae subfamili (keluarga Malvaceae). Pohon palem tidak dapat hidup karena di mana musim dingin di area suhu turun di bawah 5 derajat Celcius, dan untuk Bombacoideae suhu tepat berada di atas 10 derajat, para ilmuwan berkesimpulan bahwa Antartika pada waktu itu tidak beku. Satu-satunya masalah yang dihadapi oleh vegetasi benua, adalah periode malam polar dari 50 hari.

Jika pantai Antartika didominasi hutan hujan tropis, interior iklim benua itu dingin. Ada tumbuhan hutan cemara khas hari ini Selandia Baru, dengan dominasi notofagusa dan araucaria. Menurut peneliti, iklim yang hangat dari Antartika adalah karena tidak hanya peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer, tetapi juga arus hangat yang mencapai benua itu. Antartika mulai membeku, ketika arus telah mengering.

0 comments:

Post a Comment