Saturday, June 23, 2012

Kurang dan Terlalu Banyak Tidur Sama Buruknya Untuk Kesehatan

 Cewek cantik Tidur
 Sketsa Cewek Manis Sedan Tidur

Tidur sehat idealnya sehari 8 jam, kurang dari itu tubuh tidak berenergi, bahkan mengganggu kinerja metabolisme tubuh, secara terus menerus diserang kantuk atau menguap terus, sifat inilah penyebab kejadian fatal, pekerjaan ringan menjadi berat, bahkan lebih berbahaya ketika bekerja di perusahaan yang menggunakan peralatan mesin, bila lalai resiko tangan terputus, bahkan untuk supir bisa menyebabkan kecelakaan maut di jalan raya, dokter salah memeriksa kesehatan pasien atau bahkan salah memberi resep.  Semua itu terjadi akibat kurang tidur. Hal sepeleh memang tapi fatal.

Orang yang kurang tidur memiliki pola gaya hidup menyantap makanan yang tidak sehat. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi gangguan aktifitas pada lobus frontal dan daerah otak lain yang terkait dengan kompleks pengambilan keputusan. 

"Bila Anda kurang tidur, Anda mungkin membuat pilihan makanan yang tidak tepat. Otak tidak bisa lagi meyakinkan dirinya bahwa makanan sehat adalah pilihan yang tepat " kata seorang peneliti di University of California, Berkeley, Stephanie Greer.

Tidak hanya itu kurang tidur pun dapat melemahkan fungsi kinerja otak, sehingga mudah pikun sebelum masuk usia lansia. Bahkan tubuh rentan untuk terjangkit berbagai macam penyakit.

Sementara mereka yang terlalu banyak tidur dua kali lebih mungkin mengalami angina dan 1,1 kali lebih mungkin mengalami jantung koroner. "Tidur dapat mempengaruhi kesehatan jantung, dan ini harus menjadi prioritas," kata peneliti Arora

Terlalu banyak tidur pun dapat menyebabkan pusing dan bawaan malas untuk beraktifitas.

Dalam penelitian terdahulu, penelitian lebih fokus terhadap efek buruk kurang tidur yang dikaitkan dengan kelainan sistem saraf simpatik, intoleransi glukosa, peningkatan kadar kortisol, tekanan darah, dan gangguan denyut jantung. Yang semua ini berhubungan dengan gangguan kardiovaskuler.

0 comments:

Post a Comment