Friday, June 8, 2012

Foto Buah Pepaya Montok dan Manfaatnya

Pepaya Montok
Buah pepaya atau yang disebut dengan Carica papaya L sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Christopher Columbus menyebut buah ini sebagai "the fruit of the angels", buah para malaikat. Menurut VN Villegas dalam tulisannya yang dimuat dalam Sumber Daya Nabati Asia Tenggara 2, setiap 100 gram pepaya terkandung 450 miligram vitamin A, 74 miligram vitamin C, 86,6 gram air, 0,5 gram protein, dan 0,7 gram serat.

Manfaat buah pepaya. Buah pepaya adalah buah yang sangat sering sekali kita  jumpai di lingkungan sekitar kita. Bahkan dalam berbagai literatur seni kuno, aroma dan tektur buah pepaya seringkali dihubungkan dengan dunia mistis. Tak dapat disangkal buah tropis nan eksotis ini sudah menjadi bagian pengobatan dan perawatan kecantikan sejak dahulu.

Rugilah mereka yang tidak menyukai pepaya. Sebab, buah yang memiliki banyak biji ini merupakan buah yang paling "berharga". Meskipun rasanya tidak terlalu digemari, tetapi mungkin dengan mempertimbangkan manfaat kesehatan yang ditawarkan, pepaya layak dilirik untuk dikonsumsi sebagai makanan wajib.

Selain buah, bagian lain dari tanaman pepapa pun banyak manfaatnya. Sari akar tanaman pepaya misalnya, dapat digunakan sebagai obat penyakit kencing batu, penyakit saluran kencing, dan cacing kremi. Biji pepaya dapat digunakan sebagai obat penyakit cacing kremi.  

Daging muda buah pepaya bisa dimasak sebagai sayuran diberi santan kelapa enak atau mankyus, hingga pucuk daunnya pun bisa di masak. 

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus selalu menyertakan buah pepaya dalam diet harian, seperti dikutip dari Times of India:

  1. Pepaya adalah buah rendah kalori dengan gizi tinggi, sangat baik bagi mereka yang berdiet.
  2. Kulit pepaya membantu penyembuhan luka di kulit dan cedera.
  3. Pepaya kaya akan senyawa anti-inflamasi dan anti-kanker. Mereka yang mengalami osteoporosis, arthritis, dan edema dianjurkan mengonsumsi buah ini secara teratur.
  4. Ingin kulit kepala dan rambut yang sehat? Asupan pepaya membantu pertumbuhan rambut dan menghambat munculnya ketombe.
  5. Pepaya adalah salah satu solusi detoksifikasi paling ampuh. Makan pepaya segar dalam jumlah cukup dapat membantu menyingkirkan racun-racun dari dalam tubuh.
  6. Buah berwarna oranye ini dapat diandalkan untuk membantu mereka yang mengalami sembelit dan gangguan pencernaan.

Lebih lanjut mengenai manfaat buah pepaya. Berikut adalah Manfaat Buah Pepaya bagi kesehatan dikutip dari kompas :

  • Bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut

Manfaat Buah Pepaya adalah untuk perawatan kulit. Pepaya atau jus pepaya dapat diaplikasikan untuk mencegah dan menyembuhkan gangguan-gangguan kulit, seperti jerawat, kutil, dan luka bakar. Jika sering digunakan, pepaya dapat mengembalikan warna asli kulit yang sebelumnya berubah akibat sinar matahari. Oleh karena itu, pepaya sering dijadikan unsur penting dalam banyak krim pemutih dan masker. Antioksidan yang terkandung dalam pepaya dapat memperlambat penuaan dan memberikan warna kulit yang cerah. Pepaya juga bagus untuk kesehatan rambut karena dapat membantu mencegah timbulnya ketombe.

  • Bermanfaat untuk Antiperadangan

Manfaat Buah Pepaya bisa sebagai anti-inflamasi yang baik. Selain itu, vitamin A dan C serta beta-karoten juga efektif dalam mengobati peradangan. Oleh karena itu, pepaya adalah buah yang baik bagi penderita asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis.

  • Bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat Buah Pepaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dan C serta beta-karoten yang terkandung di dalam pepaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama bagi mereka yang sering terkena serangan pilek, batuk, dan flu.

  • Bermanfaat untuk kesehatan pencernaan

Manfaat Buah Pepaya adalah untuk kesehatan pencernaan. Protein dan papain yang ada di dalam pepaya merupakan enzim pencernaan yang membantu proses pencernaan dan mencegah sembelit dengan alami. Jus pepaya membantu menghilangkan nanah, infeksi, dan lendir di dalam saluran pencernaan. Sekali waktu, cobalah untuk mengonsumsi pepaya selama tiga sampai empat hari, karena dapat membantu membersihkan perut dan usus serta bekerja sebagai tonik. Para pakar juga mengatakan bahwa serat yang ada pada pepaya membantu mengikat racun penyebab kanker di usus besar dan mencegah mereka (racun-racun) untuk pergi mendekati sel-sel yang masih sehat di usus besar. Folate pepaya, vitamin C, beta-karoten, dan vitamin E juga bekerja sama dalam mencegah timbulnya kanker.

  • Bermanfaat Mencegah penyakit jantung

Manfaat Buah Pepaya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Pepaya dipercaya efektif dalam mencegah atherosclerotic dan penyakit jantung akibat diabetes. Konsentrasi dari pro-vitamin, carotenoid phytonutrients, yang dikandung oleh pepaya juga membantu dalam pencegahan. Nutrisi-nutrisi ini membantu mencegah oksidasi kolestrol sehingga mencegah terjadinya penumpukan di dinding arteri dan, dengan begitu, plak berbahaya yang menyebabkan timbulnya serangan jantung dan stroke dapat terhindari. Serat pepaya juga mampu membantu menurunkan kadar kolestrol LDL (kolestrol jahat).

Umumnya, orang mengetahui manfaat buah pepaya bagi kesehatan hanya sebatas pada memperbaiki masalah susah buang air besar (sembelit). Padahal Buah dan daging pepaya selain untuk sayur dan lalap, daun pepaya bermanfaat untuk mengobati malaria, cacingan, sakit perut, meningkatkan nafsu makan, serta melunakkan daging. Bijinya bisa mengobati cacingan. Sementara itu, getah dan akarnya bisa mengobati sakit kandung kencing, bahkan digigit ular.

0 comments:

Post a Comment