Monday, July 30, 2012

Ilmuwan: Gaya Hidup Bukanlah Penyebab Obesitas

Cewek Malas Beraktivitas
Gaya Hidup Pasif

Gaya hidup bukanlah penyebab Obesitas tapi pola makan yang salah, demikian kesimpulan ini dibuat oleh ahli Amerika bersama-sama dengan para ahli dari beberapa lembaga. Ternyata, meskipun aktivitas fisik konstan dan mobilitas, metabolisme dari penduduk lokal pada tingkat hasil yang sama seperti yang dilakukan oleh orang-orang Barat yang tidak aktif.

Ilmuwan Amerika telah menyangkal pandangan stereotip umum bahwa olahraga membantu menurunkan berat badan. Mereka mempelajari suku Hadza dari Afrika dan sampai pada kesimpulan bahwa pemburu, menghasilkan makanan mereka sendiri di siang hari, menghabiskan jumlah kalori yang sama setiap hari, serta pekerja kantoran.

Antropolog Herman Ponttser Hanterovskogo College of New York dan koleganya mempelajari kehidupan perwakilan dari suku Hadza, yang tinggal di bagian utara Tanzania yang aktif berburu dan meramu. Para ahli menganalisis konsumsi daya dari 30 laki-laki Hadza dan wanita berusia 18 hingga 75 tahun. Dalam studi tersebut, mereka menyimpulkan bahwa, meskipun tingginya tingkat aktivitas fisik, metabolisme terjadi di Afrika dengan kecepatan sama dengan orang yang hidup di Barat dan mengikuti gaya hidup kurang bergerak.

Dengan kata lain, kurangnya aktivitas fisik, bertentangan dengan kepercayaan populer tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Sebaliknya, penyebab utama obesitas adalah pola makan yang buruk.

Ingat : Latihan tak berdaya melawan obesitas, kalau pola makan Anda buruk, makanya makan secukupnya, makanan di atas meja tidak akan kabur dan ia tetap menunggu Anda. :D

0 comments:

Post a Comment