Tuesday, May 1, 2012

Edit Photo Agar Lebih Muda Di Upload ke Internet atau Facebook

Edit Photo Dengan Photoshop
Menu edit photo

Memiliki koneksi internet yang lelet, ketika mengupload foto ke internet lebih sering mengalami kegagalan (failed). Faktor lain file gambar atau foto yang anda miliki terlalu besar atau mencapai 1 Mb atau lebih.

Nah, Untuk memudahkan mengupload foto ke internet atau facebook, edit lebih dahulu fotonya tanpa harus menghilangkan bagian yang ada alias fotonya tetap utuh. Disini saya menggunakan photoshop CS3 untuk memperkecil ukuran gambar dan menurunkan ukuran besar MB menjadi KB.

Lakukan hal-hal berikut ini dengan program photoshop :

  1. Buka Program photohsop
  2. Klik menu file (cara pintas tekan tombol CRTL+O di keyboard) atau klik browser photo (cara pintas tekan tombol ALT+CRTL+O di keyboard) klik photo yang mau di edit
  3. Ketemu foto yang mau di edit silahkan di klik kemudian klik tombol Open
  4. Klik menu Image lalu klik adjustments lalu Levels, terbuka menu untuk mengatur kecerahan photo, bila photo anda sudah bening atau terang, point 4 anda dapat melewatinya.
  5. Selanjutnya ulangi klik menu File lalu pilih menu Save For Web & Devices
  6. Lembar kerja Save For Web & Devices telah terbuka, selanjutnya klik tombol tab 2-Up anda akan ditayangkan dua tampilan modus photo original sebelah kiri dan pratayang hasil edit sebelah kanan.
  7. Klik photo pratayang hasil edit disamping kanan, jangan klik photo original
  8. Selanjutnya ada menu edit foto di samping kanan, sebaiknya lihat pada gambar yang telah di beri lingkaran, pada setiap lingkaran yang ada, anda dapat mengubah setiap nilainya untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal atau berdasarkan keinginan anda.
  9. Bila selesai mengedit foto, silahkan klik tombol Save dan lalu cari tempat (folder) untuk di save, selanjutnya beri nama photo tersebut sesuai keinginan anda.
  10. Selesai dan mudahkan ? silahkan praktek

Silahkan bandingkan photo aslinya dengan photo hasil editannya, untuk mengetahui perbedaannya, silahkan klik kanan pada photo asli lalu pilih properties catat nilai Size nya, dan lanjutkan klik photo hasil editan dan lihat nilainya, pasti berbeda jauh kan?

Tips dari Saya.
Disini saya sarankan buat anda untuk dapat menghasilkan gambar yang berkualitas tanpa merusak kecerahan photo anda. Trik ini lebih sering saya gunakan, yaitu pada menu gambar tersebut ada tulisan Image Size yang telah di beri lingkaran terdapat kotak Width dan Heigth

Biasanya pada kolom Width dan Heigth saya lebih sering memasukan angka Width = 560 dan Heigth = 350 atau 360

Tapi sebaiknya anda berkreasi sendiri dengan merubah angka pada kolom width dan Heigth tersebut untuk mendapatkan hasil foto atau gambar yang maksimal, Oia, pada kolom width dan Heigth bila ada photo berukuran kecil anda dapat merubahnya menjadi besar dengan memasukan nilai atau angka sampai mendapatkan hasil yang di inginkan. Selamat berjuang dan semoga sukses.

0 comments:

Post a Comment