Monday, March 28, 2011

Mengetik Tulisan Hanya Menggunakan Otak

Orang, yang tidak bisa menggunakan kedua tangannya untuk mengetik, bisa menggunakan otak. Perusahaan asal Austria sedang mengembangkan sistemnya.


Perusahaan Guger Technologies membuat tutup kepala yang terhubung dengan komputer. Sistem ini bernama itendiX. Pengguna itendiX cukup mengeja kata di dalam otak untuk mendapatkan hasilnya di layar monitor.

Untuk mendeteksi aktivitas otak, tutup kepala tersebut memiliki elektroda elektroensefalografik (EEG). Model awal tutup kepala ini, sayangnya, mensyaratkan orang untuk memborehkan gel ke kepala agar EEG dapat berfungsi sempurna.

Pada saat percobaan di CeBIT, pengguna dihadapkan pada deretan huruf dan simbol di layar monitor. Dengan memandang huruf atau simbol yang diinginkan selama beberapa detik, komputer akan mengetahui huruf atau simbol yang harus ditampilkan.

"Setelah 10 menit latihan, orang akan terbiasa dan mampu mengeja 5 dari 10 karakter dalam semenit," jelas Guger Technologies.


Sistem ini didesain untuk para difabel di rumah atau di panti-panti. Sistem itendiX tidak hanya bisa menghasilkan kata, pengguna bisa mencetak bahkan mengirim e-mail. Saat ini itendiX belum tersedia secara komersial untuk umum. [sumber]

0 comments:

Post a Comment