Wednesday, May 8, 2013

Cara Masuk Bios Laptop Sony E-Series, Install Win7-8

Terbiasa install komputer meja, laptop atau notebook plus netbook selain merek sony, enteng tenang, untuk masuk bios cuma tekan tombol delete, F11 dan F2. Nah, berbeda dengan laptop sony E-series terbaru sekarang yang sudah mendukung window 8 ternyata laptop ini cukup bikin pusing.

Install window 7 di laptop Sony E-Series

Bila laptop sony E-series sudah terinstall window 8 dan blank di jamin tidak bisa masuk lagi di bios atau window 8 utama dan tidak bisa install ulang window 7 otomatis harus menghapus semua partisi hardisk dan setelah itu dibagi kembali seperti sediakala (maaf bila saya keliru, sebab ini pengalaman pribadi dan sukses install win 7).

Solusi untuk masuk bios khusus laptop sony terbaru, yaitu tekan tombol ASSIST pastikan laptop dalam keadaan mati (pringatan matikan atau tekan tombol power selama beberapa menit terus lepas dan silahkan tekan tombol ASSIST) harus menunggu beberapa menit (wajib sabar), setelah itu muncul pilihan untuk masuk bios. Masukan DVD atau USB Boot Window 7.

Lihat penampakannya dibawah ini :

bios-sony-laptop

Selanjutnya pindahkan anak panah arrow bawah atau tekan F2 untuk masuk bios, selanjutnya muncul lagi penampakan dibawah ini :

legacy-sony-eseries

Selanjutnya pindah ke tab boot lalu pada mode terus ubah UEFI menjadi legacy terus save tekan F4 lalu yes. Selamat sudah sukses booting window 7.

Saya sukses menginstall window 7 di laptop sony e-series terbaru dan kompiteble video, sound dan lain-lain berjalan dengan lancar.

Catatan

  • Jangan tekan tombol ASSIST saat komputer VAIO Anda berada dalam mode Hibernate. Nah, tombol ini sering bikin susah masuk window alias error. Terpaksa install ulang kembali.

Secara pribadi saya, teman dan orang kantor pusing mengoperasikan window 8 dan lebih enakan win 7 plus jarang eror.

Silahkan bertanya bila Anda mengalami masalah, saya bantu sebisa kemampuanku. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment