Friday, March 15, 2013

5 Cara Menyehatkan jantung


Mempunyai jantung yang sehat adalah salah satu pertanda bahwa anda akan panjang umur. Pada makhluk hidup, jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru.
Jantung dapat diibaratkan sebagai pompa air, dan pembuluh darahnya sebagai pipa yang mengalirkan air. Jika air yang dipompanya kotor, tidak saja menyebabkan penempelan kotoran pada dinding pipa dan menghambat aliran air, tetapi juga memaksa pompa bekerja ekstra keras, dan ini akan mempercepat kerusakan pompa. Jika kerusakan itu terjadi pada jantung dan tak lagi berdegup, tak mampu memompa darah ke seluruh tubuh, tamat sudah riwayat kita.
Agar jantung kita tetap sehat, simak 5 tips cara menyehatkan jantung dibawah ini:
1. Tidur yang cukup
Dengan kita tidur yang cukup secara teratur, maka jantung kita akan sehat. Sebuah study tahun 2010 menunjukkan bahwa manusia yang tidur di bawah enam jam tubuhnya beresiko memiliki banyak protein C-reactive yang berkaitan dengan penyakit jantung.
2. Rajin berolahraga
Dengan kita rajin berolahraga, jantung akan sehat. Itu dikarenakan tekanan yang teratur dan jantung akan berdetak dengan normal.
3. Makan sayur
Selain memkan buah, sayur juga merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sayuran yang memiliki serat dan kaya vitamin sangat penting bagi jantung.
4. Mengkonsumsi buah
Mengkonsumsi buah setiap hari akan mendukung untuk menyehatkan jantung. Tidak perlu buah yang mahal, cukup buah tropis yang mudah di dapatkan. Contohnya buah pepaya dan jeruk yang memiliki banyak vitamin c. Selain itu ada buah melon yang juga memiliki vitamin c, potasium, dan antioksidan karotenoid.
5. Perbanyak minum air putih
Minumlah air mineral secukupnya. Karena sebuah Study di Amerika tahun 2002 meyatakan jika banyak meminum mineral akan mengurangi resiko serangan jantung 41%.
Manfaat Sehat Buah yang Berwarna Merah
Buah dan sayuran yang berwarna merah sangat kaya mineral, vitamin, antioksidan dan sejumlah nutrisi lain. Mengonsumsi buah dan sayuran hijau secara teratur akan menjauhkan Anda ...
Kurang Tidur Malam Perbesar Resiko Terkena Penyakit Jantung
Untuk Anda yang sering begadang atau kurang tidur malam hari, sebaiknya kurangi kebiasaan buruk tersebut. Pasalnya, kualitas tidur yang buruk karena kurang tidur malam bisa ...
Hati-hati, Kurang Vitamin D Bisa Menyebabkan Terkena Hipertensi
Mereka yang tidak mendapat asupan cukup vitamin D, mengalami masalah dengan peredaran darahnya, demikian hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Georgia ...

0 comments:

Post a Comment